Rabu, 07 November 2012

Gerak Dasar Lompat Jangkit


Lompat jangkit adalah gerakan yang mirip dengan lompat jauh yang gerakannya diawali dengan lari ancang-ancang, jingkat, langkah, tolak, dan mendarat. Jadi ada empat unsur gerakan yang harus dimiliki supaya dapat melakukan gerakan lompat jangkit. Unsur gerakan tersebut adalah ancang-ancang, jingkat, langkah, tolakan dan mendarat.
Sedangkan urutan latihannya adalah sebagai berikut: Setelah melakukan pemanasan yang cukup, atur arak dalam barisan dua bersap atau barisan disesuaikan dengan situtasi dan kondisi yang ada.
Latihan Ancang-ancang
Tugaskan anak melakukan lari ke depan pada kecepatan 50% - 60% sebanyak 2 – 3 kali pada jarak + 20m, kegiatan tersebut bisa dilakukan pada formasi 2 atau 3 bersap atau disesuaikan dengan jumlah murid. Selanjutnya tambah kecepatan larinya sampai maksimal pada frekuensi dan jarak yang sama.
Latihan Jingkat
Bentuk formasi 2 atau 4 bersaf, lakukan gerakan meloncat ditempat sebanyak 10 x sambil mengangkat kedua lutut setinggi-tingginya. Lakukan gerakan engkle di tempat sebanyak 10 x sambil mengangkat lutut setinggi-tingginya. Gerakan ini dilakukan bergantian kaki kiri dan kanan. Lakukan gerakan engkle ke depan + 15m. Gerakan dilakukan bergantian kaki kiri dan kanan. Yaitu dua x kaki kiri dan dua kali kali kanan.
Latihan Langkah
Lakukan gerakan lari ke depan dengan langkah pankang berjarak + 25 – 30 meter.
Lakukan grakan tersebut sebanyak 5 – 6 kali.

Latihan Koordinasi Gerak Lompat Jangkit
Lakukan kembali gerakan engkle ke depan dengan irama kiri-kiri-kanan-kanan dan seterusnya. Gerakan teresbut dengan memakai rintangan tali yang dibentangkan setinggi +30cm.
Lakukan gerakan dengan irama urutan engkle 2 x, melangkah 1 kali menumpu dan mendarat. Pada gerakan ini beri tanda di tanah misalnya a tempat untuk tumpuan kaki kiri, b untuk tumpuan keki kanan dan c tempat mendarat. Jadi iramanya a-a-b-c.
Terakhir lakukan gerakan lompat jangkit secara keseluruhan dari mulai ancang-ancang yang paling pendek, misalkan 5 langkah sampai dengan ancang-ancang yang diperlukan.

Formasi Latihan Ancang-Ancang


Keterangan:
O: Posisi Guru
X: Posisi Murid
Formasi Latihan koordinasi Gerak Lompat Jangkit


                                                O
Keterangan:
O Posisi Guru
X Posisi Murid
A Tumpuan Kaki Kiri
B umpuan Kaki Kanan
AB   Mendarat
arah.gif 
(1140 bytes)

Unsur Gerakan Lompat Jangkit


Urutan Latihannya sbb:
- dilakukan tanpa awalan
- dengan awalan lima langkah
- dengan awalan sepuluh langkah
- dengan awalan yang dibutuhkan

 SUMBER:
SKKD Kelas VI Semester 1
SK: Mempraktikkan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KD: Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yangdimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar