Selasa, 06 November 2012

ROLL DEPAN




SENAM LANTAI ROLL KE DEPAN

Senam lantai merupakan bagian dari olahraga senam artistik. Dengan latihan dan kemampuan yang dimiliki, seseorang bisa melakukan senam lantai dengan sangat indah. Namun perlu diingat bahwa gerakan - gerakan dalam senam lantai tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena bisa mengakibatkan cidera serius. Gerakan - gerakan dalam senam lantai harus didukung dan ditunjang dengan ketangkasan, keuletan, dan keberanian dalam melakukannya. Seperti layaknya jenis olahraga yang lain, sebelum melakukan senam lantai, kita diharuskan untuk melakukan pemanasan serta diakhiri dengan pendinginan untuk mengembalikan kondisi badan supaya otot dan persendian tidak terasa sakit.
Roll ke depan atau pengertian guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang).
Berikut cara melakukan roll kedepan:


a. Mula-mula sikap jongkok, kedua kaki rapat, letakkan lutut ke dada, kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm
b. Bengkokkan kedua tangan, letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala, dagu sampai ke dada
c. Lanjutkan dengan melakukan gerakan berguling ke depan, ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok. 

SIMBER:
 http://carapedia.com/senam_lantai_info2224.html
 http://www.kumpulanistilah.com/2011/03/pengertian-forward-roll.html

SKKD Kelas III Semester I:
SK:
  • Mempraktikkan gerak senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
KD:  
  •  Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian


2 komentar:

  1. Salam kenal gan....Artikelnya bagus sekali dan membantu. Kalau boleh tau nih.. Ada ga batasan waktu yang efektif untuk melakukan senam ini?? oh iya tempat menjual baju senam body image dimana ya? terimakasih atas infonya. :)

    BalasHapus