Rabu, 07 November 2012

Gerak Dasar Lompat Jauh



Pengertian
Lompat adalah suatu gerakan menyangkat tubuh dari suatu titik ke titik lain yang lebih jauh atau tinggi dengan ancang-ancang lari cepat atau lambat latinya dengan keseimbangan yang baik.
Macam-macam gaya lompat jauh
·         Lompat jauh gaya jongkok (Sit Down in the air)
·         Lompat jauh gaya gantung (Sneper)
·         Lompat jauh gaya jalan di udara (working the air)
Menurut teknik dasarnya lompat jauh mempuyai unsur gerak secara berurutan mulai dari ancang-ancang, tolakan pada dasarnya sama, hanya yang membedakannya adalah sikap/keadaan pada waktu melayang saja.
Perbedaan setiap gaya pada lompat jauh
Lompat jauh gaya jongkok
Saat setelah menolak kaki kaki tumpu ditarik ke depan sejajar kaki ajun hampir mencapai di dada, kedua lutut hampir lurus, dan kedua tangan lurus di depan atas. Pada saat akan mendarat kedua tangan diluruskan ke bawah, kedua lutut sedikit dibengkokan dan pandangan ke depan bawah.
Lompat jauh gaya gantung

Pada saat setelah menolak kaki ayun di tarik ekbelakang sejajar kali tumpu, kedua tangan lurus kebelakang atas dan pandangan ke depan. Pada saat akan mendarat kedua tangan ditarik lurus ke bawah belakang, kedua lutut sedikit, dibengkokan dan panangan ke depan bawah.
Lompat jauh gaya jalan di udara
Pada saat setelah menolak kaki tolak ditarik ke depan kaki ayun, kedua tangan lurus ke depan atas sambil menjaga keseimbangan dan pandangan ke depan. Pada saat akan mendarat kedua tangan lurus kebelakang bawah, kedua kaki hampir lurus sambil kedua lutut rapat di dada dan pandangan ke depan bawah.

 SUMBER:

SKKD Kelas VI Semester 1
SK: Mempraktikan berbagai gerak dasar permainan dan olahraga dengan peraturan yang dimodifikasi, dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
KD: Mempraktikkan koordinasi gerak dasar dalam teknik lari, lempar dan lompat dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai semangat, sportivitas, percaya diri dan kejujuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar