Rabu, 07 November 2012

Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna



Makanan yang dikatakan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Paling tidak, dalam sehari kita perlu memperhatikan makanan yang mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna itu. Contoh makanannya bisa seperti nasi, sayuran, daging/ikan, buah2an, dan kalau mau bisa ditambahkan dengan susu. Diusahakan juga pengolahan sayur jangan terlalu lama supaya tidak menghilangkan kadar vitaminnya.
Kalau kita bisa mempraktekkan pola makan 4 sehat 5 sempurna, yakin bisa memperoleh kondisi badan yang sehat. Tapi memang perlu diimbangkan dengan olah raga dan minum air putih yang banyak.
Pola makan yang tidak 4 sehat 5 sempurna, misalnya makan nasi + mie. Ini adalah jenis makanan yang sama2 mengandung karbohidrat. Kalo terus2an makan makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat tanpa diimbangkan dengan vitamin, mineral dan olah raga, malah bisa menyebabkan kegemukan.
Buah2an juga termasuk penting sebagai pengganti vitamin dalam tubuh. Lebih baik buah2an yang segar yang tidak terlalu lama di kulkas atau saat dikupas, didiamkan terlalu lama. Pilihlah juga buah2an yang mudah didapat dan harganya pun tidak terlalu mahal, misalnya jeruk, pisang, pepaya. Selain mengandung vitamin C di dalam buah jeruk juga mempunyai serat yang tinggi. Begitupun halnya dengan pisang yang mengandung serat tinggi yang bisa membantu kerja tubuh. Kalo pepaya bisa membantu juga menghilangkan panas dalam.
Sedangkan untuk daging, kalo memang ada yang merasa daging terlalu mahal untuk di konsumsi, bisa digantikan dengan ikan. Lebih bagus ikan dikukus daripada di goreng karena kalo digoreng akan menambahkan minyak di ikan dan membuat daging ikan menjadi tidak murni lagi. Dan begitu pun sayur2an, dimasak dengan minyak goreng yang tidak terlalu banyak. Kesemuanya itu perlu di cuci dengan bersih sebelum diolah lho!
Untuk lembih rinci berikut akan diperjelas makanan Empat Sehat Lima Sempurna yakni terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dimakan orang setiap hari, yaitu :
1. Makanan Pokok
Makanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-Pauk
Lauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-Mayur
Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. Buah
Mirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. Susu
Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.
Karena pada susu ini adalah penyempurna atau makanan plus tambahan sebagai ending dari ke-empat makanan di atas, akan dibahas secara lebih rinci beberapa susu yang sangat penting untuk diketahui sehingga tidak asal-asalan memilih susu sebagaimana keperluan atau kebutuhan.
Susu Sapi
Tradisi minum susu sapi sudah dikenal sejak 6000-8000 SM di Mesir, karena manfaatnya bagi kesehatan. Penelitian terakhir manfaat susu sapi adalah pelindung sel kolon dari zat penyebab kanker. Selain itu, bermanfaat untuk mencegah migren dan mengurangi sindrom pramenstruasi. Para ahli gizi menganjurkan susu sapi rendah lemak bagi yang sedang menurunkan berat badan, agar tetap memperoleh kalsium.
Susu sapi merupakan sumber vitamin D, vi¬tamin K, dan kalsium, yaitu tiga nutrisi penting bagi kesehatan tulang. Sedangkan kandungan vitamin B12 dan ribovlafin bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular dan enerji. Penelitian terbaru menemukan bahwa kandungan asam lemak pada susu sapi yang disebut conjugated linoleic acid (CLA) berfungsi untuk membunuh sel kanker kulit dan kanker payudara. Selain itu, CLA |uga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol hingga mencegah aterosklerosis (penyempitan pembuluh nadi karena plak yang disebabkan kolesterol tinggi).
Susu Unta
Unta berpunuk satu sudah dikembangbiakkan di daerah Selatan Arab Saudi sejak 3000 SM untuk dimanfaatkan daging dan susunya. Sebelum dikonsumsi susu unta harus melalu proses pasteurisasi. Kandungan protein dan komposisi asam lemaknya yang unik membuat susu unta tidak bisa menggumpal ketika diasamkan dan kepala susunya tidak mudah dipisahkan. Itu sebabnya susu unta tidak bisa dijadikan keju. Susu unta dikabarkan lebih bergizi dari susu sapi, karena mengandung lebih sedikit lemak dan laktosa. Namun, kandungan potasium, zat besi, dan vitamin C-nya lebih tinggi. Selain itu, sebuah penelitian telah membuktikan bahwa susu unta mengandung kolesterol 40% lebih rendah dari susu sapi. Soal kandungan mineral, susu unta boleh dibanggakan, karena sodium dan magnesiumnya cukup tinggi.
Susu Kuda
Sama seperti makhluk mamalia lain, kuda juga memproduksi susu setelah melahirkan. Di Mongolia, Kazakhstan, dan Tibet susu kuda yang difermentasi dijadikan minuman yang su-dah lazim dikonsumsi masyarakatnya. Susu kuda bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan menstimulasi pembersihan organ dalam tubuh. Kandungan vitaminnya cukup tinggi. Sedangkan kalori dan lemaknya lebih sedikit dibanding susu sapi. Kandungan albuminnya yang tinggi membuat susu kuda lebih mudah dicerna.
Susu Keledai
Masyarakat Yunani menganggap susu keiedai sebagai obat terbaik. Pada masa Perang Dunia susu keiedai dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan susu para bayi yang tidak bisa mendapat ASI. Kadar asam lemak, mineral, serta vitamin A, B, C, D, dan E-nya sangat tinggi. Itu sebabnya susu ini bisa mencegah penuaan kulit, mampu meregenerasi kulit, dan men|aga kelembabannya. Selain itu, komposisi kan¬dungan gula dan protein susu keiedai mirip dengan komposisi susu manusia. Karena itu, bisa diberikan kepada bayi.
Susu Kerbau
Susu kerbau mudah dikenali dari warnanya yang putih bersih. Bahkan, lebih putih dan susu sapi. Bisa diolah secara variatif menjadi mentega, keju, susu kental manis, es krim, dan yogurt. Karena teksturnya lebih pekat daripada susu sapi, susu kerbau lebih hemat ketika diolah. Susu kerbau mengandung sedikit kadar air. Itu sebabnya susu ini mudah diolah.
Kandungan laktosa, lemak, protein, kolesterol, dan asam lemak jenuhnya lebih banyak diban¬ding susu sapi. Bahkan, kandungan lemaknya dua kali lebih banyak daripada susu sapi. Banyaknya kadar lemak ini karena kerbau membuang kelebihan lemak dari tubuhnya ke dalam susunya. Warna putih pada susu ker¬bau disebabkan oleh sedikitnya kandungan pigmen karoten kuning yang biasanya tanda adanya kandungan vitamin A.
Susu Kambing
Susu kambing berguna sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi susu sapi, karena kaseinnya lebih rendah daripada susu sapi, sehingga lebih mudah dicerna. Namun, susu kambing sebaiknya direbus atau dipasteurisasi, karena infeksi bakteri pada hewan jika menular pada anak-anak melalui susu dapat menimbulkan penyakit brucellosis. Kandungan kalori dan proteinnya memang lebih tinggi daripada susu sapi. Tetapi, susu kambing miskin vitamin D, vitamin B12, folat, dan zat besi.
Susu Domba
Sama seperti susu kambing, susu domba memiliki molekul lemak kecil, sehingga lebih mudah dicerna ketimbang susu sapi. Susu domba juga bisa menjadi susu pengganti bagi mereka yang alergi terhadap susu sapi atau susu kambing. Tekstur susu ini pekat dan rasanya agak manis. Kandungan mineral, seperti kalsium, fosfor, seng, dan vi¬tamin B kompleksnya mencapai dua kali lipat susu sapi. Sayangnya, kandungan lemak jenuhnya sangat tinggi.

SUMBER:
SKKD Kelas I semester 2
SK:
·         Menerapkan budaya hidup sehat
KD:
·         Mengenal makanan sehat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar