Rabu, 07 November 2012

Pentingnya Merawat Kuku




Kuku adalah salah satu anggota tubuh yang sering kali diabaikan perawatannya. Biasanya orang hanya menggunting kuku dan merapikannya saja tanpa mempedulikan kesehatan kuku.
Kuku yang sehat itu elastis, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Kalau kuku terlalu keras, sedikit tersenggol bisa patah. Sedangkan kuku yang terlalu lembut akan cepat rapuh, sedikit panjang langsung sobek. Kuku yang sehat biasanya berwarna pink dan tidak terlalu banyak kutikula.
Orang baru memperhatikan kesehatan kukunya apabila sudah terinfeksi jamur yang dikenal dengan nama Onychomychosis. Ciri umum kuku yang terkena jamur adalah munculnya bercak kecil berwarna putih atau kuning dibagian bawah ujung kuku. Jamur akan menyebar ke dalam lapisan kuku dan kuku akan menjadi tebal, rapuh, berubah warna, kusam, pecah, hancur, kasar bergerigi, berubah bentuk bahkan kuku bisa lepas.
Jika keadaan ini tidak segera diatasi, maka jamur kuku akan menyebar ke kulit dan sekitarnya yang disebut Paronychia, yang akan menyebabkan permukaan kulit sekitar kuku luka, bengkak, melepuh dan bernanah.
Untuk menjaga kesehatan kuku tidaklah sulit asal memperhatikan kebersihan kuku. Selain itu lakukan manicure dan pedicure dua minggu sekali. Jangan menggunakan sepatu yang sempit. Cuci kaki dan tangan sesering mungkin, dan keringkan. Beri vitamin apabila kuku terlalu keras atau terlalu lunak. Jika anda mempunyai masalah pada kuku seperti diatas, konsultasikan segera untuk mendapatkan saran dan pengobatan dari Chiropodist atau Foot Health Practitioner.

SUMBER:

SKKD Kelas I Semester 1
SK: Menerapkan budaya hidup sehat
KD: Menjaga kebersihan diri yang meliputi kuku dan kulit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar